SURAT CINTA
SURAT CINTA
Pertemuan 1
Senin, 9 Oktober 2023
Hari ini adalah perkuliahan pertama
mata kuliah Manajemen Ekspor & Impor Bersama Bu Rizca. Pada pertemuan ini
bu rizca membahas mengenai pengetahuan dasar mengenai apa itu expor dan impor
dimana expor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Indonesia ke luar
sedangkan impor sebaliknya memasukan barang dari luar ke dalam negeri. Bu rizca
juga memberikan penjelasan mengapa negara melakukan kegiatan expornya &
impor dikarenakan jika expor alasannya karena pasokan kebutuhan barang sudah
terpenuhi maka barang tersebut akan di jual ke luar negeri, sedangkan impor
dikarenakan negara membutuhkan barang tersebut dari luar karena stok di dalam
negeri tidak ada atau terbatas. Bu rizca juga membahas tentang negara singapura
sebagai negara yang mennjadi pemasok barang yang dibutuhkan oleh negara negara
karena disana ada sistem seleksi atau pemilahan barang yang baik atau quality
control yang dipercaya oleh pasar dunia untuk mencari barang yang berkualitas
baik sesuai yang di harapkan oleh pembeli dipasar dunia.
Materi selanjutnya yang sangat
berharga bagi saya ketika Bu Rizca membagikan pengalalamannya di bidang Expor
barang, ketika dia bercerita perjalanan usaha ubi nya yang sudah selama setahun
ini mencari pasar Expor ke luar karena persaingan yang banyak di dalam negeri.
Bu rizca bercerita mengenai sulitnya mencari pembeli dari luar yang ingin
membeli ubi miliknya, tetapi dengan semangat yang gigih dan keberuntungan yang
diberikan tuhan akhirnya Bu Rizca mendapatkan pembeli hingga akhirnya sebesar
ini. Dari situ belom selesai bu rizca memndapatkan beberapa masalah seperti
complain dari pelanggan sehingga dirinya harus lebih selektif dalam menjual
barang. Disini juga bu rizca memberi tau kita kalo expor itu sulit tetapi bisa
dipelajari itu yang membuat saya ingin lebih mengetahui lebih dalam lagi
mengenai kegiatan Expor barang di Indonesia.
Pertemuan 2
Senin, 16 Oktober 2023
Dalam
pertemuan kedua kali ini yang diepalajari adalah menganai dasar manejemen expor
dan impor, mempelajari dasar insight yang harus dipelajari dalam menjadi
exportir, dan mengetahui langkah membuat internal perusahaan lalu mengetahui
cara membuat rencana kerja. setelah itu mempelajari mengenai manfaat ekspor
& impor. mengetahui hal hal yang harus diketahui dengan product knowledge.
serta ibu rizca memberikan contoh compony profile dari usahanya sendiri serta
menjelaskannya termasuk SDG (Sustainable Development Goals) di dalam
perusahaannya. pelajarann hari inii sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk
memulai menjadi exportir. terima kasi bu rizca
Pertemuan 3
Senin, 23 Oktober 2023
Yang
dipelajari kali ini tentang legalitas untuk pengiriman barang ke luar negeri,
yaitu belajar tentang Hs kode (cara cek hs kode produk kita) juga tentang
kepabeanan, pemberitahuan ekspor dan mengetahui yang namanyaa undername dimana
expor tanpa legalitas atau memakai legalitas orang lain. serta di awal
mempelajari perjalanan sukses yang dilewati para exporter yang melewati banyak
rintangan tapi berhasil melewati itu semua dan menjadi sukses
Pertemuan 4
Senin, 30 Oktober 2023
Pembelajaran
kali ini meneruskan praktek expor dengan menentukan produk, mencari referensi
dan asosiasi tetkait barang yang kita expor tujuannyaa dan mencari supplier
nyaa serta kita bajar metode metode pengiriman seperti retail atau melalui
kurir yang barangnya dikirim satuan dan menggunakan kontainer dimana ada
menggunakan FCL dan LCL kalo fcl full se kontainer kalo acl per palett atau
gabung samaa produk orang lain serta mengetahui tentang forwarder yang membantu
shipper mengirmkan barang dan berkas utuk di kirim ke consignee
Pertemuan 5
Senin, 6 November 2023
Pertemuan kali ini Bu Rizca memberikan materi tentang definisi dari
Incoterms yang merupakan singkatan dari International Commercial Terms. Incoterms
merupakan istilah dalam perdagangan internasional terkait tanggung jawab serta
risiko yang timbul dari transaksi perdagangan. Bu
Rizca juga menjelaskan tentang Tujuan
dari Incoterms yaitu mengatur hak dan kewajiban masing masing pihak (exportir
dan importir) Mengurangi
kemungkinan kesalah pahaman, Mempermudah pembacaan laporan, Memberi pilihan
ketentuan pengiriman. Disisi lain saya mengerti bahwa
proses expore barang itu memiliki resiko namun juga memiliki Solusi dengan
adanya pihak lain dalam menentukan tanggung jawab serta resiko ini dangat
membantu dan memudahkan pihak exportir dan importir dalam mengatur hak dan
kewajiban masing masing pihak yaitu exportir maupun importir. Disini juga Bu
Rizca memberitahu macam macam Incoterms ada exwork Dimana Exportir hanya
memperhitungkan Harga barang, ada FOB Dimana ksportir bertanggung jawab mengantar barang
sampai pelabuhan yang telah disepakati, lalu ada CNF
dimana eksportir
bertanggung jawab mengantar barang sampai pelabuhan yang telah disepakati dan yang terakhir ada CIF yaitu eksportir bertanggung jawab atas
pengiriman barang sampai dengan negara tujuan namun lengkap dengan asuransinya.
Pembelajaran kali ini sangat berarti bagi saya yang akan mencoba
melakukan expor sawi Bersama teman teman karena dapat menentukan jenis incoterm
apa yang akan digunakan yang cocok dalam melakukan expor sawi ke negara negara
tertentu dimana sepertinya yang lebih baik adalah kita memasarkan dengan harga
FOB di dalam compro.
Pertemuan ke 6
Senin, 13 November 2023
Pertemuan ke 6 membahas tentang lanjutan dari incoterms yaitu
tentang perhitungan harga jual dimana untuk menentukan perhitungan harga jual
kita harus mengetahui 4 metode yaitu exwork, FOB, CNF/CFR Ddan yang ke empat
CIF. Jadi sebelum menentukan harga jual kita harus memperhitungkan atau
mengetahui harga beli produknya berapa,
- Di exwork ada beberapa biaya yang perlu dianggarkan seperti HPP (harga pokok pembelian), biaya umum yang terdiri dari (biaya tenaga kerja & bank) untuk mengetahui profit atau laba
- FOB, cara perhitungannya sama dengan exwork, namun pada FOB terdapat biaya transport untuk mengirimkan barang ke pelabuhan, biaya transport tergantung jarak antara gudang ke Pelabuhan.
- CNF / CFR, pada metode ini sama dengan FOB namun di biaya umum terdapat beberapa tambahan biaya yang harus dianggarkan biasanya seperti Tes Radioaktif, Phytosanitary / Karantina, Bank Correspondence, Health Certificate, Biaya COO, Seal, Telex release B/L, PPh dan Biaya Lain – lain
- CIF, di CIF sama dengan CNF namun bedanya terdapat ada tambahan asuransi.
Pada peremuan ke 6 ini yang dilaksanakan secara gmeet hasilnyaa sangat bermanfaat bagi saya dan produk ekspor yang akan kami jual karena kami dapat menentukan harga jual dengan baik dan menentukan metode pemilihan resiko dan tanggung jawab yang cocok untk produk yang kami jual keluar negeri.
Pertemuan ke 7
Senin, 20 Nobember 2023
Pada pertemuan ke 7 saya dan kawan kawan kelompok berdiri di depan
untuk mempresentasikan hasil Compony Profile yang telah di buat beserta
dokumentasi saat survei kelapangan. Disana saya merasa gugup saat presentasi
karena tampil lebih awal, kami mempresentasikan tentenag Compro yang tealah di
buat mengenai expore sayuran sawi saat presentasinya telah selesai dan tidak
ada pertanyaan kami dikagetkan dengan evaluasi dari Bu Rizca yaitu kesalahan
yang harus di perbaiki dalam Compony Profile kelompok kami yang pertama
mengenai nama perusaahaan dan logo Perusahaan yang seharusnyaa di taruh di
depan dan ukurannya lebih besar, kami taro dipinggir. Yang kedua mengenai latar
belakang terdapat kata kata “kami bertiga sebagai pelajar di universitas
teknologi digital” kata kata itu perlu diganti karena terkesan masi pemula
dalam melakukan ekspor sawi ini. Selanjutnya
giliran visi misi yang perlu diperbaiki dimana pembuatan Visi & Misi adalah
tugas saya dalam membuatnya maka dari itu saya harus segera memperhatikannya
dan segera memperbaikinya terdapat kesalahan di dalam Visi pertama yang
menyatakan menjadi pelopor dalam penjualan expor sayuran khususnya sawi, ibu
Rizca memberikan saran untuk diganti karena kelompok kami juga tidak tahu bahwa
tidak ada pesaing lain ataupun pelopor yang lebih dahulu memulai expor sawi
ini.
Pada pertemuan ke 7 ini saya sangat berterima kasih kepada Bu Rizca
karena berkat arahan dan evaluasi yang harus di perbaiki dalam Compro kami
membuat kami menjadi paham dalam membuat Compony Profil yang baik dan benar
sehingga menarik pembeli dari luar Negeri.
Pertemuan 8
Senin, 27 November 2023
Pelaksana Evaluasi Tengah Semester
Pertemuan 9
Senin, 4 Desember 2023
Pembelajaran mandiri di rumah masing
masing.
Pertemuan 10
Senin, 11 Desember 2023
Yang
dipelajari di mata kuliah manajemen expor pada tanggal 12 desember tentang
payment metode sepertii cash in advance, Lc, collection, open account, dan
consignment mengetahui kelemahan dan kelebihannyaa serta proses dari masing
masing metode pembayaran untuk expor
selanjutnya
memahmi resiko yang paling aman sampe tidak aman bagi exporter dan importir
pada metode metode tersebut yang paling aman bagi pihak exporter yaitu
pembayaran dengan metode cash in advence sedangkan bagi importir yang paling
aman adalah pembayaran dengan metode consignment dalam artian kebalikannya dari
aman bagi exportir
Pertemuan 11
Senin, 18 Desember 2023
Pertemuan ke 11 ini membahas tentang
persiapan dalam pemasaran ekspor dimana sebelum melakukan pemasaran ekspor kita
perlu paham mengenai HS code, pihak yang terlibat, sistem pengiriman dan sistem
pembayaran ekspor. Selanjutnya kita harus mengetahui betul tentang produk yang
akan di ekspor, sudah membuat harga yang akan di tawarkan kepada pembeli luar
negeri jika akan expor produk minimal harga FOB, membuat surat penawaran dan
quotation. Pastikan bahwa peroduk sudah
memiliki alat promosi seperti media sosial, compony profile, kartu nama, dll). Persiapan
dalam pemasaran ekspor ini sangat
penting dilakukan agar kita dapat menarik pembeli dan memudahkan pembeli pada
setiap transaksi. Juga dapat mencegah kita dalam kerugian saat melakukan expor
produk.
Disini Bu Rizca memberikan step step
dasar dalam persiapan untuk melakukan pemasaran yang nantinya ditugaskan oleh Bu
Rizka untuk diterapkan dalam persiapan pemasaran ekspor pada masing masing
kelompok dalam produk ekspornya masing masing.
Pertemuan 12
Senin, 25 Desember 2023
Libur Natal
Pertemuan 13
Senin, 01 Januari 2024
Pertemuan kali ini diadakan melalui video
tidak ada kelas yang membahas tentang Sales Agreement dan promosi. Di dalam Sales
Agreement terdapat beberapa bagian yang Kedua belah pihak menyatakan
kepentingan dalam jual beli barang berdasarkan Penjualan mnyetujui dan berjanji
untuk mematuhi kontrak isinya ada penjelasan mengenai produk seperti (nama
produk, berat produk, kondisi produk, kemasan, berat Bersih per kantong berat kotor
per kantong). Selain produk ada juga penjelasan mengenai harga yang di dalamnya
terdapat metode pembayaran jumlah harga, jenis incoterm, jumlah barang, LC
penerima serta keterangan Pelabuhan Muat dan Pelabuhan Pembuangan yang dituju. Serta ada
penjelasan mengenai delivery (pengiriman) dijelaskan pengirimannya dari mana
kemana. Menjelaskan kapan pengiriman dilakukan, misal pengiriman dilakukan
setelah 22 hari penerimaan DP.
Meteri kedua Ibu
menjelaskan tentang materi promosi dimana dalam promosi penjualan expor produk terdapat
wadah atau pihak yang dapat di hubungi dalam melakukan promosi agar produk kita
dikenal oleh buyer. Berikut pihak yang dapat dihubungi dalam melakukan promosi
:
1.
ITPC (Indonesian Trade Promotion Center)
Melalui pegawai
Kemendag yang ditempatkan di negara lain untuk menangani Business to Business)
2.
(ATDAG) Atase Perdagangan
Melalui pegawai
Kemendag yang ditempatkan di negara lain untuk menangani pertemuan Government
to Government
3.
FTA CENTER (Free Trade Agreement Center)
Membuat promosi melalui
layanan publik untuk menyebarluaskan informasi
tentang perjanjian bebas Indonesia dan pemanfaatannya
4.
DISPORA
Promosi dengan cara masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri
Untuk
melakukan promosi ada juga dengan cara mengikuti Pelatihan sehingga akan
terjalin Relasi antar sesame pelaku ekspor di Indonesia, Adapun berikut contoh
dari pelatihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman dalam melakukan expor produk serta relasi :
1. GPEI (Gabungan Perusahaan Ekspor Impor)
2. Kemendag (pelatihan seperti Export Coaching
Program / ECP)
3. Kemenkeu / LPEI (pelatihan melalui Coaching
Program for New Exporter / CPNE)
4. Kemenkop (pelatihan melalui program Enterpreneur
Develompment / Entredev)
5. Dinas Perdagangan (kolaborasi dengan LPEI
mengadakan CPNE)
6. Dinas Koperasi & UMKM
7. Swasta & BUMN (BRI, BNI, Yamaha, BI, dll)
Promosi bisa menggunakan platform berbayar dan gratis,
berikut platform yang berbayar dan platform gratis :
- Berbayar : pameran, alibaba,
EC21, Tradekey, Eworldtrade dan Vietgo
- Gratis : pameran (bisa gratis jika menjadi binaan), media sosial, google, inaexport dan juga trademap
Pertemuan 14
Senin, 08 Januari 2024
Pertemuan kali ini merupakan pertemuan yang membahas ulang materi
Bu Rizca mengenaai promosi disini bu rizca memberikan video dalam pameran
dimana memperlihatkan pameran yang dapat dijadikan sarana promosi gratis yaitu
mengikuti binaan dari pemerintah ataupun berbayar yang menggunakan booth di
dalam pameran tetapi harganya akan mahal.
Selanjutnya pertemuan kali ini di lanjut dengan praktek masing
masing kelompok dalam mencari buyer dari Instagram, google maps dan juga
trademap. Jika menggunakan instagram caranya dengan mencari informasi tentang
promosi penjualan atau platform yang dapat mengarahkan kita untuk mencari buyer
disini kami diminta untuk mengikuti atau follow akun yang nantinya akan
memudahkan kita mendapatkan informasi mengenai penjualan Expor ataupun
pelatihan khusus gratis untuk melakukan kegiatan Expor yang nantinya akan menjuus
sebagai alat untuk memperluar relasi dalam mendapatkan pembeli. Yang kedua
menggunakan google caranya dengan mengklik toko yang membutuhkan barang kami di
luar negeri lalu kami cari contohnya kami menjual sawi hijau maka kami mencari
restoran di daerah jepang atau penjual sayuran segar di Negara Negara lain
dengan mengetiknya di tombol search. Dari situ jika ketemu kita cacat kontaknya
seperti website, email, dan nomor telephon yang bisa di hubungi. Yang terakhir
adalah mencari buyer menggunakan Trademap yaitu sebuah website daftar nama
Perusahaan dari seluruh dunia yang membutuhkan barang dari luar dengan cara
yang sama dengan pencarian dari google yaitu dengan menyebutkan kata kuncinya,
namun datanya akan jauh lebih banyak dibandingkan mencari di google misalnya
sawi hijau dalam Bahasa inggris mustard green dengan pengaturan pencarian
Importir karena kami mencari Perusahaan yang mengimportir sayuran tersebut
berarti kata kuncinya itu lalu akan muncul data negara dengan Importir mustard
green terbesar lalu diklik negara yang akan menjadi tujuan exprtir dan munculah
naman nama Perusahaan beserta websitenya untuk kami ambil data nya dalam proses
pencarian buyer.
Pada pertemuan ke 14 kami diarahkan oleh Bu Rizca dengan sangat
telaten satu kelompok diperiksa apakah sudah memiliki akun Treademap atau belum
apakah kesulitan atau tidak karena kelompok kami sudah memiliki akun dan tidak
mengalami kesulitan dalam mempelajari pencarian buyer khususnya menggunakan
website Trademap maka dari itu Ibu membantu yang lain untuk membuat akun dengan
baik disini membuktikan bahwa Bu Rizca ingin semua muridnya bisa dalam
melakukan pencarian buyer maka dari itu Bu Rizca mengajari mereka satu satu
mendatangi tiap meja kelompok yang mengaalami kesulitan dalam membuat akun.
Meskipun sedikit sedih karena Bu Rizca tidak mampir pada meja kami karena
mungkin ibu telah mempercayai kelompok kami karena sudah memiliki akuunya tapi
saya gemas sekali ingin memperihatkan bahwa kami sudah bisa menggunakan
aplikasi Trademap dan mencari buyer dengan benar.
Terima Kasih Bu Rizca ilmu yang Ibu
berikan dan pengalaman saat perkuliahan selama satu semester sangat berarti
untuk saya dan teman teman.
Tertanda,
Rapid
Hadi Sobari
Komentar
Posting Komentar